Dunia dan Melbourne City

Wisata yang Terpendam

Written on June 10, 2017   By   in Liburan

Pagi itu hari Sabtu, dengan berbekal kamera ditemani si merah Beat aku menyusuri jalan mencoba menemukan  keindahan disudut  lain kotaku..Banjarbaru.

Mengunjungi Banjarbaru, mungkin sangat sedikit tempat yang bisa dijadikan objek wisata, terutama wisata alam.  Dapat dimaklumi wilayah Banjarbaru paling kecil dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Selatan. Selain itu keadaan kondisi alam yang kurang mendukung juga menjadi sebabnya, pertama Banjarbaru jauh dari wilayah laut dan tidak memiliki areal hutan alam dan tidak memiliki sungai besar yang dapat dijadikan tempat wisata.
Wisata yang Terpendam
Namun jangan berkecil hati, Banjarbaru semakin hari semakin berkembang sebagai kawasan yang nyaman buat perumahan, pendidikan, perdagangan dan industri serta jasa.
Kembali kemasalah wisata alam, Banjarbaru memiliki tempat-tempat yang sebenarnya sangat asik dan indah buat dikunjungi, contohnya yang satu ini, sebuah danau kecil yang terletak didaerah Gunung Kupang Kecamatan Cempaka. Danau yang terletak didataran tinggi (namun jangan dibanyangkan tinggi seperti daerah pegunungan di pulau Jawa) sangat potensial buat dikembangkan menjadi daerah wisata alam. Dan banyak mungkin masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan danau ini.

Di sekelilingi danau ini ditumbuhi oleh pepohonan seperti Galam, Akasi dan karet yang tanaman warga sekitarnya, saat kita memandang kedepan sangat mempersona dengan pemandangan pegunungan, langit dengan awan putih sebagai latar belakangnya dan air yang jernih membuat bayangannya sangat jelas terlihat dipermukaannya. Hmm…tidak sia-sia pagi itu aku mengunjunginya.
Di pinggir danau dapat ditemukan beberapa buah jala apung yang digunakan masyarakat guna memelihara ikan. Selain itu banyak juga warga yang mengunakan danau ini buat memancing ikan.
Wilayah danau ini sebenarnya sudah lama digunakan oleh warga beraktivitas termasuk untuk mengaliri sawah yang ada disekitar, bahkan secara rutin danau ini juga digunakan oleh militer untuk melatih siswa-siswa baru calon bintara. Maklum danau ini dekat dengan sekolahnya. Tapi jangan takut tidak dilarang untuk mengunjungi danau ini.

Dalam khayalanku, alangkan asiknya jika daerah ini dikembangkan menjadi tempat wisata, misalnya seperti sebuah wisata kuliner dengan pondok-pondok kecil  yang menyajikan makanan-makanan khas banjar ditambah dengan areal permainan anak seperti sepeda air dan areal permainan lainnya. Tentu akan menjadi sebuah tempat andal baru bagi wisata di Banjarbaru.

Begitulah khayalanku pagi itu, Semoga danau Gunung Kupang ini selalu terjaga dan suatu saat dapat menjadi wisata baru bagi warga Banjarbaru dan masyarakat lainnya. Semoga…!
Akhirnya kembali..disudut lain Banjarbaru…kupandangi indahnya hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *